Belasan Kali Beraksi! Begini Modus Pelaku Pencurian Uang Ganjal ATM Jalankan Aksinya

REDAKSI
Minggu, 30 Juni 2024 - 03:12
kali dibaca
Ket Foto: Polrestabes Medan menangkap pelaku spesialis pencurian uang dengan modus ganjal mesin ATM berinisial ES alias Putra (30) yang telah belasan kali melakukan aksi pidana tersebut di Medan, Sumatera Utara.


Mediaapakabar.com
- Polrestabes Medan menangkap pelaku spesialis pencurian uang dengan modus ganjal mesin ATM berinisial ES alias Putra (30) yang telah belasan kali melakukan aksi pidana tersebut di Medan, Sumatera Utara.

“Tersangka mengakui sudah 16 kali melakukan pencurian dan menipu korbannya di wilayah hukum Polrestabes Medan. Dia (tersangka) ini residivis dengan kasus yang sama," ujar Kepala Polrestabes Medan Kombes Pol Teddy John Sahala Marbun, Sabtu (29/6/2024).

Teddy mengatakan dari 16 kali melakukan aksinya, tersangka mengaku telah meraup keuntungan sebesar Rp202 juta. Uang tersebut digunakan tersangka untuk berfoya-foya, membeli barang elektronik dan untuk kebutuhan sehari-hari.

Dalam menjalankan aksinya, tersangka bersama pasangannya berinisial N (dalam pengejaran), terlebih dahulu mensurvei mesin ATM yang ada di beberapa Indomaret.

"Setelah mereka masuk ke dalam, mereka memasukkan tusuk gigi di dalam lubang kartu itu, lalu dipatahkan. Setelah itu, tersangka menunggu korbannya siapa yang mengambil uang di mesin ATM. Pada saat korban coba memasukkan kartunya, otomatis kartu terganjal," sebutnya.

Selanjutnya, tersangka menghampiri korban dan menanyakan kendala yang dihadapi korban. Kemudian tersangka berpura-pura membantu seolah-olah bisa membantu korban. 

Kemudian tersangka dengan cepat mengganti kartu ATM yang sudah disiapkan. Tersangka sudah menyiapkan beberapa jenis ATM bank.

Korban disuruh tersangka untuk memasukkan pin sembari tersangka menghafal pin milik korban. Setelah itu tersangka langsung pergi dengan ATM palsu sudah ada di tangan korban.

"Tersangka bersama pasangannya keluar mencari ATM terdekat untuk membuka kartu ATM curian dan transfernya ke rekeningnya. Sementara korban yang tadi, mendapatkan kartu merk yang sama tapi bodong, yang seolah-olah bisa, tapi tidak ada saldonya," kata Teddy.

Penangkapan tersangka setelah korban GSH (19) 
warga asal Lut Jaya, Aceh Tengah, membuat laporan karena menjadi korban penipuan dan ATM miliknya dibawa lari pelaku, pada Sabtu (1/6), pukul 16.00 WIB, di ATM Indomaret Lau Dendang, Kecamatan Percut Sei Tuan. 

“Dari tersangka diamankan barang bukti hasil kejahatan berupa kipas angin, rice cooker. Lalu ada 20 ATM berbagai jenis merek bank, tusuk gigi dan pisau cutter,” pungkas Teddy. (MC/DAF) 
Share:
Komentar

Berita Terkini