HUT ke-79 Mahkamah Agung, PN Medan Siap Jalankan Inovasi Digitalisasi Peradilan

REDAKSI
Selasa, 20 Agustus 2024 - 08:31
kali dibaca
Ket Foto: Ketua Pengadilan Negeri Medan Jon Pantas Saragih.

Mediaapakabar.com
- Pengadilan Negeri (PN) Medan, menyatakan siap mendukung dan melaksanakan berbagai inovasi yang telah diluncurkan oleh Mahkamah Agung (MA), terutama dalam hal digitalisasi peradilan. 

“Dalam peringatan HUT ke-79 Mahkamah Agung yang jatuh pada 19 Agustus setiap tahunnya, kami di PN Medan siap untuk melaksanakan semua program dan inovasi yang telah dicanangkan,” kata Ketua PN Medan Jon Sarman Saragih, SH, M.Hum, Senin (19/8/2024).

Menurut dia, Mahkamah Agung sebagai lembaga peradilan telah berhasil memasuki era digitalisasi, yang mencakup administrasi, pelayanan persidangan, pengawasan hingga pelaporan. 

Meskipun begitu, lanjut dia, Mahkamah Agung dan lembaga peradilan di bawahnya tidak berpuas diri dengan pencapaian ini, namun terus berupaya meningkatkan kualitas layanan dengan menciptakan berbagai inovasi terbaru. 

“Ini adalah langkah signifikan dalam mendukung tujuan besar mewujudkan peradilan yang modern dan agung,” ujar dia.

Pria yang pernah menjabat sebagai Ketua PN Bandung ini juga menekankan bahwa pentingnya era digitalisasi dalam mewujudkan visi Mahkamah Agung untuk menciptakan peradilan yang agung.

“Pada perayaan HUT ke-79 ini, empat inovasi baru diperkenalkan, salah satunya adalah pengiriman berkas Kasasi dan Peninjauan Kembali (PK) yang kini bisa dilakukan secara digital melalui SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara),” sebut dia.

Dengan adanya SIPP ini, kata dia, pengiriman berkas Kasasi/PK dapat dilakukan secara lebih efisien dan transparan, sehingga mempercepat proses peradilan dan meningkatkan akuntabilitas.

Selain meluncurkan inovasi-inovasi baru, Mahkamah Agung  juga memberikan anugerah penghargaan kepada satuan kerja (Satker) dan sumber daya manusia (SDM) terbaik sebagai bentuk apresiasi dan motivasi untuk terus meningkatkan kinerja. 

“Penghargaan ini diharapkan bisa menjadi penyemangat bagi seluruh lembaga peradilan untuk terus berinovasi dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” ujar Jon Sarman.

Dia juga menegaskan, komitmen PN Medan sebagai salah satu Satker di bawah MA dan Pengadilan Tinggi Medan untuk terus mendukung program-program MA dan mengimplementasikan inovasi yang telah diluncurkan. 

“Perayaan HUT ke-79 Mahkamah Agung ini menjadi momentum penting dalam meneguhkan kembali komitmen lembaga peradilan untuk terus maju menuju peradilan yang lebih modern, efektif, dan terpercaya,” ujar Jon Sarman Saragih. (MC/DAF)
Share:
Komentar

Berita Terkini