Gempa M5,3 Guncang Padangsidimpuan, Begini Penjelasan BMKG

REDAKSI
Jumat, 20 September 2024 - 09:07
kali dibaca
Ket Foto: Ilustrasi gempa bumi mengguncang Padangsidimpuan, Sumut.

Mediaapakabar.com
- Gempa bumi dengan kekuatan Magnitudo 5,3 mengguncang Padangsidimpuan, Sumatra Utara, Kamis (19/9/2024) tengah malam. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa terjadi pukul 23.14 WIB yang dirasakan masyarakat.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan Magnitudo 5,2. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0,81° LU dan 98,72° BT atau tepatnya berlokasi di laut pada 87 km barat daya Padangsidimpuan, Sumut di kedalaman 82 km.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa menengah akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia pada zona intraslab.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan mendatar naik (oblique thrust fault),” ujarnya, Jumat (20/9/2024).

Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Gunungsitoli dan Tapanuli Tengah (Tapteng) dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu). Hasil pemodelan menunjukkan gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Hindari dari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah,” ucapnya. (II/MC)
Share:
Komentar

Berita Terkini